Sekilas TIF UNUSIDA

Sejarah TIF UNUSIDA

Teknik Informatika Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (TIF UNUSIDA) didirikan tahun 2014. Hal tersebut bersamaan dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 195/E/O/2014 tentang Izin Pendirian Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo di Kabupaten Sidoarjo Provinsi Sidoarjo yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Nahdlatul Ulama disingkat NU di Provinsi daerah Ibukota Jakarta, Tanggal 4 Juli 2014.

Melalui SK Mendikbud Nomor 195/E/O/2014 disetujui 10 Program Studi, yaitu: (1) Teknik Industri, (2) Teknik Kimia, (3) Teknik Lingkungan, (4) Teknik Informatika, (5) Sistem Informasi, (6) Desain Grafis, (7) Manajemen, (8) Akuntansi, (9) Pendidikan Guru SD, dan (10) Pendidikan Bahasa Inggris.

Berdirinya TIF UNUSIDA ini tidak lepas dari Sejarah UNUSIDA yang mana diinisiasi oleh PCNU Sidoarjo yang saat itu dipimpin oleh Rois Syuriah KH. Ahmad Rofiq Siroj dan Ketua Tanfidiyah Drs. KH. Abdy Manaf.

Lulusan dari Teknik Informatika Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (TIF UNUSIDA) ditargetkan memiliki kompetensi/skill di bidang Pemrograman dan Jaringan Komputer Dasar. Pemrograman yang dimaksud adalah Pemrograman Web, Pemrograman Android, dan Pemrograman Desktop.

Selain memiliki kompetensi/skill, lulusan dari TIF UNUSIDA sebelumnya akan dibekali dengan akidah anti radikal yaitu akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyyah dan pendidikan Akhlakul Karimah sehingga lulusan TIF UNUSIDA dapat menjadi Professional yang Berakidah serta Berakhlakul Karimah.

Handal

Mahasiswa TIF UNUSIDA ditanamkan rasa tanggung jawab sejak dini (tahun awal masuk perkuliahan) sehingga lulusan TIF UNUSIDA nantinya menjadi Professional yang bisa di andalkan.

Kompeten

Mahasiswa TIF UNUSIDA diajarkan teori dan praktek pemrograman sejak dini (tahun awal masuk perkuliahan) sehingga lulusan TIF UNUSIDA nantinya menjadi Professional yang Kompeten terutama dalam Pemrograman.

Berakhlakul Karimah

Mahasiswa TIF UNUSIDA diajarkan sifat anti radikal sejak dini (tahun awal masuk perkuliahan) sehingga lulusan TIF UNUSIDA nantinya menjadi Professional yang ramah,  santun, dan bisa menyikapi perbedaan dengan pengetahuan (dewasa).

Pengajaran

Gambar disamping merupakan proses belajar mengajar (pengajaran) dosen kepada mahasiswa. Dosen memberikan materi menggunakan media Smart TV.

 

Praktek

Setelah dosen memberikan materi melalui media Smart TV, maka barulah mahasiswa mempraktekkannya. Gambar disamping merupakan mahasiswa yang sedang praktek memprogram (coding) mengerjakan tugas yang diberikan dosen.

 

Lulusan

Setelah proses pengajaran dan praktek mencukupi kriteria/persyaratan untuk wisuda, maka mahasiswa tersebut akan diwisuda. Setelah diwisuda, mahasiswa dapat melamar pekerjaan sesuai dengan apa yang dipelajarinya dengan melampirkan ijazah S1 Ilmu Komputer (S.Kom). Kualitas lulusan tergantung mahasiswa itu sendiri. Apabila mahasiswa tersebut banyak belajar, tidak hanya bergantung pada mata kuliah saja, maka mahasiswa tersebut ialah mahasiswa yang berkualitas.