Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi

Visi

Misi

Tujuan

Strategi

Menjadi komunitas akademik yang unggul, kreatif dan inovatif di bidang informatika untuk mengembangkan potensi lokal yang berwawasan Ahlussunnah Wal Jama’ah.

  1. Proses pembelajaran di bidang informatika agar menghasilkan lulusan dengan kompetensi akademik yang mumpuni, memiliki kemampuan kreatif dan inovatif, softskill, etika profesional yang menonjol serta berwawasan Ahlussunnah Wal Jama’ah.
  2. Penelitian di bidang informatika untuk mendukung proses pembelajaran yang bermutu tinggi serta berkontribusi pada pengembangan ilmu bagi masyarakat regional dan nasional dengan berupaya menggali potensi lokal.
  3. Pengabdian kepada masyarakat dengan berkontribusi untuk memajukan masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan dan pemanfaatan teknologi informasi dalam memajukan potensi lokal.

Salah satu tujuan utama dari Program Studi Teknik Informatika UNUSIDA adalah menghasilkan lulusan berkualifikasi tinggi yang mempunyai kompetensi tinggi di bidang informatika maupun dalam aspek soft skills-nya. Dengan memiliki kompetensi tersebut para lulusan diharapkan mempunyai daya saing tinggi dalam mencari pekerjaan sesuai dengan bidang keahliannya.

Pada setiap akhir semester, Program Studi Teknik Informatika melakukan evaluasi perkuliahan. Evaluasi ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk menilai apakah terdapat masalah atau kekurangan pada proses perkuliahan. Selain melalui evaluasi perkuliahan tiap semester, Program Studi Teknik Informatika juga melakukan evaluasi melalui rapat-rapat dan lokakarya.

Hasil dari penyelenggaraan rapat dan lokakarya evaluasi Kurikulum 2013 antara lain :

  1. Perlu mempertimbangkan apakah mata kuliah-mata kuliah pemrograman yang diselenggarakan masih tetap menggunakan pendekatan prosedural atau perlu menggantinya ke pendekatan berorientasi objek,
  2. Secara umum, tidak ada masalah dalam urutan mata kuliah pada Kurikulum 2013 sebelumnya. Namun, ada beberapa mata kuliah pilihan yang harus diubah posisinya di dalam kurikulum. Mata kuliah-mata kuliah tersebut antara lain adalah mata kuliah Desain Antarmuka Grafis, Pemrograman Berbasis Web, Pemrograman Aplikasi Bergerak, Algoritma Kriptografi, dan Keamanan Informasi.
  3. Beberapa mata kuliah juga perlu diubah bobot SKS-nya. Hal ini dilakukan karena bobot SKS terlalu besar, ataupun terlalu kecil jika dibandingkan dengan banyaknya materi yang harus disampaikan.

Selain melalui rapat, evaluasi kurikulum juga dilakukan melalui survei yang disebarkan kepada lulusan dari Program Studi Teknik Informatika UNUSIDA. Dari survei tersebut diketahui bahwa, Kurikulum 2016 Program Studi Teknik Informatika UNUSIDA telah menyiapkan para lulusan untuk memiliki keterampilan di bidang pemrograman dan pemecahan masalah. Selain itu, para lulusan juga menilai bahwa Kurikulum 2016 memberikan konsep-konsep dan dasar informatika yang kuat bagi lulusan. Tetapi, para lulusan juga menilai bahwa Kurikulum 2016 masih dapat dikembangkan kembali untuk memberikan pengetahuan melalui mata kuliah-mata kuliah yang sifatnya aplikatif dan lebih dekat dengan industri.

Sedangkan masukan dari pengguna lulusan, dapat dirangkum sebagai berikut:

  1. Mahasiswa perlu dilengkapi dengan banyak pengalaman magang/kerja praktek yang dapat membekali mahasiswa setelah lulus.
  2. Softskill mahasiswa perlu ditingkatkan agar dapat mempercepat kemampuan lulusan untuk beradaptasi terhadap dunia kerja. Hal ini dapat dilakukan dengan melengkapi beberapa aspek softskill ke dalam kurikulum, misalnya di dalam mata kuliah proyek untuk meningkatkan kemampuan kerja sama dan kepemimpinan.
  3. Mahasiswa membutuhkan kemampuan pemrograman di platform berbeda, misalnya pada platform IOS dan Android.